Saturday 13 September 2014

Cara Mengembangkan Citra Diri


Seseorang yang berhasil bukan karena dia mendapatkan fasilitas khusus, tetapi karena dia sendirilah yang mengangkat dirinya bisa jadi melebihi orang lain. Memang ada juga yang mengandalkan fasilitas tetapi hal-hal serupa ini bukan yang kita bicarakan, dan kitapun banyak melihat seseorang yang semata-mata didorong ke atas namun tidak mampu, dan ia akan jatuh juga, karena, apabila kita akhirnya diberikan kedudukan yang tertentu ---- malahan bisa jadi semacam fasilitas juga -- kemungkinan besar karena mereka yakin akan kemampuan kita.

Karena zaman sekarang tidak ada orang yang mau mengalami kerugian semata-mata karena memberikan bantuan pada mereka yang tidak mampu, terlebih mereka dengan kepribadian yang sulit, pemalas, tak bertanggung jawab, tidak jujur, sulit bekerja sama dengan orang lain.

Bagaimana citra diri kita banyak menentukan kesuksesan dan tentu saja cira kita memang sama dengan identitas; jangan hanya citra saja tetapi ternyata bukan demikian identitasnya. Citra kita adalah apa yang memantul ke luar yang datang dari dalam diri kita yakni identitas.

Tetapi ada juga citranya berlainan dengan identitasnya, di sinilah masalah itu bermunculan karena tidak dapat bertahan lama citra yang berbeda dengan identitasnya.

Kita masing-masing tentu saja memahami citra yang baik itu yang bagaimana, karena hal-hal yang serupa ini berdasarkan prinsip yang paling mendasar, sebagai misal "kejujuran", "keadilan", dan masih banyak lagi yang secara universal kita anut dan tidak akan ditelan waktu.

Namun ada beberapa yang dapat kita terapkan antara lain, seperti berikut ini:

  1. Lidah dapat dipegang dalam arti kata janji itu harus ditepati karena nilai seseorang ditentunkan bagaimana dia memegang kata-katanya. 
  2. Perhatikan seseorang yang canggung, angker, mereka mestinya belajar menyukai manusia. Apabila tidak, maka kehidupan mereka akan seterusnya diliputi kecurigaan. Memang dalam perjalanan hidup kita seringkali juga dikecewakan namun jangan samapi ini merusaka dan menjauhi manusia...tidak ada yang dapat menggantikan unsur manusia...apa boleh buat...
  3. Janganlah kikir dengan memberikan penghargaan apabila kita melihat ada seseorang yang berhasil, melakukan pekerjaan dengan baik, berilah penghargaan atau pujian dengan kalimat yang paling sederhana pun juga. 
  4. Kembangkalah minat pada apapun yang dikerjakan, tidak ada yang lebih memboankan dari seseorang yang sama sekali tidak mempunyai antusias, dia seseorang yang sama sekali tidak memiliki greget. 
  5. Melatih untuk mengingat nama mereka yang diperkenalkan pada kita, karena seringkali terjadi kita menganggap seseorang hanya penting apabila dia dapat memberikan sesuatu kepada kita. Bisa jadi satu saat ada saja yang dapat seseorang lakukan untuk kita, sedangkan kita pada mulanya sama sekali tidak mempunyai perhatian padanya. 
  6. Berilah dorongan dan spirit pada sesama kita dan dengan sendirinya kitapun akan merasakan adanya spirit.

0 comments:

Post a Comment

 

peripantun Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template