Tuesday 23 September 2014

Racun dalam Pergaulan

Berhati-hatilah dengan lingkungan kejiwaan, hal ini penting sekali karena dapat berjangkit. Lingkungan yang negatif atau positif secara kejiwaan memegang peran paling utama bagaimana kita berkembang secara kejiwaan.

Pilihlah teman-teman yang mempunyai minat untuk mendorong kemajuan Anda, mereka yang bergembira melihat kemajuan Anda. Mereka adalah orang-orang yang berpikir luas dan tidak selalu mengecilkan pendapat atau ide Anda. Karena apabila kita bergaul dengan orang-orang yang kerdil, maka kitpun akan terjangkit.

Kita menjaga kesehatan dan kebugaran, memilih makanan, berhati-hati jangan sampai keracunan karena makan dan minum yang salah. Hal ini pula yang harus kita lakukan terhadap jiwa kita, jangan sampai terkena racun.

Racun itu antara lain "pergunjingan." Memang racun pergunjingan berbeda dengan racun yang terdapat dalam makanan dan minuman. Karena apa yang dimakan dan diminum dapat segera terasakan dan lantas diobati.

Lain lagi apabila benak dan jalan pikiran kita sudah termakan racun, karena seringkali seseorang yang sudah keracunan benak dan jalan pikirannya seringkali tidak menyadari keadaan dirinya yang sudah termakan racun.

Karena cara bekerjanya racun pada otak memang tidak terasakan, namun akibatnya merusak. Ia membuat kita tidak dapat berpikir jernih, jadilah kita manusia yang kerdil, mudah tersinggung, mau menang sendiri sehingga makin terpencil dari pergaulan yang sehat. Lazimnya jalan pikiran mereka tidak berwawaan, sehingga terasakan mereka tidak berkembang.

0 comments:

Post a Comment

 

peripantun Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template