Tuesday 23 September 2014

Tips Bergaul agar Sukses

Sebagaimana tubuh kita membutuhkan gizi untuk dapat tetap sehat, begitu pula bagaimana kita berkembang dan menggali potensi diri banyak ditentukan oleh gizi, dan gizi -- dalam hal ini -- terdiri dari sesama manusia dengan siapa kita berinteraksi.

Sebagaimana tubuh kita membutuhkan berbagai macam jenis makanan dan mineral, begitu juga keadaan jiwa kita.

Makin banyak kita berinteraksi dengan sesama manusia, makin banyak yang kita ketahui begitu pula mendapatkan banyak informasi, karena banyak juga peluang untuk menggali potensi diri. Karena itu bergaulah dengan orang-orang yang mempunya profesi berbeda dengan Anda. Mereka yang mempunyai minat yang berbeda pula. Karena wawasan kitapun menjadi luas, jadi bukan seperti kata di bawah tempurung.

Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai penambah gizi dalam pengembangan diri, misalnya hal-hal berikut ini.

Bergaulah dengan mereka yang berbeda profesi, bacalah juga materi yang tidak berkaitan dengan profesi Anda. Karena betapa membosankan apabila Anda ahli mesin dan seterusnya hanya berbicara tentang mesin. Pergaulan, minat yang luas, dan dilakukan dengan penghayatan akan memberikan kepuasan batin dan dengan sendirinya membuka juga aneka macam kesempatan.

Pilihlah teman-teman yang dapat berdiskusi dan memberikan pendapat, mungkin berbeda dengan pendapat Anda. Mungkin berbeda pandangan politik, karena Anda saling menghargai dan belajar juga dari perbedaan itu.  Perhatikan mereka yang mempunyai teman sepergaulan yang hanya mempunyai minat main kartu, betapa mereka amat terpojok. Dan terasakan dalam berteman sebenarnya mereka merasa tidak berdaya.

Tetapi dalam ketidakberdayaan ini mereka saling mencari dan saling membenci, sehingga suatu ketika mereka terperangkap kekerdilan mereka sendiri. Mengapa demikian? Tiada ada yang memberikan pendapat bahwa mereka sebenarnya berada pada jalur yang benar. Sebagai misal, mereka yang sepergaulannya berjudi, masuk keluar rumah-rumah minum dan mabuk-mabukan. Apabila pergaulan mereka selalu dengan orang-orang yang sama minatnya, maka tidak akan ada perubahan.

Pilihlah teman-teman yang berjiwa besar, yang tidak mudah tersinggung atau mereka yang mau menang sendiri bukanlah pilihan yang tepat.

0 comments:

Post a Comment

 

peripantun Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template