Monday 15 September 2014

Menjalin Persahabatan untuk Kesuksesan

Apabila kita mempelajari orang-orang yang berhasil, mereka rata-rata mempunyai kepribadian yang hangan dan dapat bergaul baik dengan sesamanya, terasakan ada kehangatan yang tulus. Tetapi satu hal, janganlah mencoba membeli persahabatan, karena persahabatan tidak dapat diperjualbelikan.

Citra membeli persahabatan harus kita hindari, karena bagaimanapun juga persahabatan yang dibeli akan hilang sekali waktu. Kita masing-masing merasa senang apabila mendapat hadiah atau pemberian sesuatu yang wajar saja, tetapi apabila pemberian itu berdasarkan semata-mata untuk mendapatkan sesuatu, semacam "penyuapan" maka malahan tidak akan lagi mengadakan hubungan bekerja dengan seseorang serupa ini.

Ini yang perlu diperhatikan jangan sampai citra serupa itu yang kita ukir dalam kehidupan ini, sekedar untuk meraih kesuksesan lantas kita membeli persahabatan.

Persahabatan tidak dapat dibeli, apabila kita melakukannya juga maka akan kehilangan uang, dan kitapun membuat orang lain membenci kita.

Karena itulah masih jauh lebih baik dalam berusaha kita sekalian juga berusaha menjalin persahabatan yang tulus. Tetapi bagaimana menjalain persahabatan atau membuat perkenalan?

Lazimnya lebih banyak yang berpedapat, "Biarlah merek ayang memulai mendekati kita, mengapa harus kita? Mestinya mereka," dan dengan cara ini kita memang memperlihatkan sikap ketidakpedulian.

Dan memang seringkali kita dihinggapi rasa harga diri yang tidak pada tempatnya. Apabila kita membiarkan orang lain yang harus terlebih dulu mendekati kita, bisa jadi kita tidak akan pernah membuat perkenalan atau persahabatan.

Dan begitulah citra diri ita, orang yang congkak, angker, dingin, dan masih banyak lagi sejenisnya, akhirnya begitulah citra diri kita dan mungkin saja identitas kita bukan demikian. Karena terdengan juga kalimat, "Orangnya baik, tidak sombong, hanya begitulah, sulit bergaul."

Citra diri yang ingin kita tampilkan, sebisanya sejalan dengan identitas diri kita. Tetapi bagaimana apabila identitas memang orang tertutup dan sulit? Kalau sudah begini citrapun tidak dapat disembunyikan.

Memang pada akhirnya citra kita yang dipaksakan tidak akan bertahan lama, kecuali bersungguh-sungguh mau mengadakan perubahan maka akan terjadi hal-hal yang memberikan banyak sekali manfaat dan dengan sendirinya kesuksesa juga kesenangan maupun kebahagiaan.






0 comments:

Post a Comment

 

peripantun Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template