Tuesday 23 September 2014

Lelaki Juga Ber-Gossip

Seringkali dikatakan wanita suka bergosip atau bergunjing, tetapi dari penelitian ternyata lelaki juga seringkali terjebak dalam pergunjingan yang lebih merusak. Pria bergunjing tentang bisnis, kehidupan politik, kehidupan seksual, dan percintaan lelaki lain.

Perbincangan membentuk bagian besar dari lingkngan psikologis kita, ada perbincangan yang sehat, memberikan dorongan, memperluas wawasan, seakan kita berada dalam lingkungan alam yang sejuk, ada sinar matahari yang membeirkan kehangatan, ada percakapan yang membuat kita merasa bahagia, dan berada dalam suasana keberhasilan.

Akan tetapi ada juga perbincangan bagaikana kita berada dalam udara yang tercemar dan kita merasakan adanya suasana persaingan tidak sehat, persahabatan tidak tulus. Semuanya ini membuat kita merasa tidak berbahagia, akhirnya menjalani kehidupan yang merugi.

Pergunjingan dan bergunjing adalah perbincangan negatif dengan orang lain, dan membiarkannya berkembang lantas menjadi kebiasaan yang memberikan semacam sensasi yang merugikan diri kita sendiri.

Tanpa disadarinya orang-orang yang dapat memberikan peluang dan kesuksesan padanya dengan sendirinya akan menjauhinya dan jadilah pribadi serupa ini oknum yang tidak disukai malahan tidak dapat dipercaya.

Coba perhatikan, ada ada saja mereka yang selalu saja mesti menambahkan sesuatu yang negatif selagi orang lain membicarakan hal-hal positif tentang seseorang. Sebagai misal ia akan menambahka, "Memang sih dia berhasil, tapi bagaimana ya, saya dengan dia begitulah..."

Mau membicarakan sesuatu dengan seseorang?Bicaralah tetapi tetaplah pada jalur positif. Kita garis bawahi bersama-sama perbicangan tidak mestinya selalu pergunjingan. Marilah kita bersama-sama mengadakan penelitian jangan sampai kita terjebak dalam kebiasaan bergunjing, dan apabila sekali waktu berada dalam jalur pergunjingan maka kita pun cepat-cepat mengganti jalur.

0 comments:

Post a Comment

 

peripantun Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template